Rabu, 15 Maret 2017

Laporan Golongan Darah dan Lingkar Perut

Nah yg kali ini, saya mau bagiin tugas saya mengenai percobaan golongan darah dan lingkar perut yang diadakan di sekolah saya. Btw golongan darah saya AB *cukstaw ajah* :v tapi lupa lingkar perutnya berapa :'v moga-moga 10 cm *loo kayak lebah*

Golongan Darah dan Lingkar Perut
Di dalam membran eritrosit mengandung dua antigen, yaitu tipe-A dan tipe-B. Keduanya disebut aglutinogen. Sementara, di dalam plasma terdapat antibodi yang dapat bereaksi dengan kedua antigen, seperti terjadi penggumpalan (aglutinasi). Antibodi yang menyebabkan penggumpalan disebut aglutinin dan terdapat dua macam, yaitu aglutinin-a dan aglutinin-b. Golongan darah dikelompokkan berdasarkan ada atau tidaknya aglutinogen :
-       Golongan darah A, memiliki aglutinogen-A dan aglutinin-b
-       Golongan darah B, memiliki aglutinogen-B dan aglutinin-a
-       Golongan darah AB, memiliki aglutinogen-A dan B, tetapi tanpa aglutinin
-       Golongan darah O, tidak memiliki aglutinogen, tetapi memiliki aglutinin-a dan b

Sampel darah dapat diambil dengan beberapa cara, seperti disuntik dan menggunakan lancet. Ketika menggunakan lancet, tempat sekitar luka ditekan sampai keluar darah, lalu diteteskan pada preparat. Setelah itu, serum anti-A dan anti-B dapat diteteskan.

Keempat golongan darah tersebut memiliki reaksi yang berbeda-beda jika di tetesi serum anti-A dan B
  • Darah dengan golongan A akan menggumpal jika ditetesi serum anti-A karena aglutinogen-A akan bercampur dengan aglutinin-a. Sementara, darah tidak akan menggumpal jika ditetesi serum anti-B karena darah bergolongan A sudah memiliki aglutinin-b.
  • Darah dengan golongan B akan menggumpal jika ditetesi serum anti-B karena aglutinogen-B akan bercampur dengan aglutinin-b. Sementara, darah tidak akan menggumpal jika ditetesi serum anti-A karena darah bergolongan B sudah memiliki aglutinin-a.
  • Darah dengan golongan AB akan menggumpal jika ditetesi serum anti-A karena aglutinogen-A milik AB akan bercampur dengan aglutinin-a. Darah juga akan menggumpal jika ditetesi serum anti-B karena darah bergolongan AB juga memiliki aglutinin-b.
  • Darah dengan golongan O tidak akan menggumpal jika ditetesi serum anti-A karena tidak memiliki aglutiongen-A sehingga dapat bercampur dengan aglutinin-a. Darah juga tidak akan menggumpal jika ditetesi serum anti-B karena darah bergolongan O tidak memiliki aglutinogen-B.


Golongan Darah
Serum Anti-A
Serum Anti-B
A
Menggumpal
Tidak menggumpal
B
Tidak menggumpal
Menggumpal
O
Tidak menggumpal
Tidak menggumpal
AB
Menggumpal
Menggumpal

Lingkar perut merupakan cara mengukur seseorang secara kuantitatif dengan mengukur keliling perut seseorang yang sejajar dengan pusar. Hasil pengukuran ini dapat digunakan untuk menghitung kandungan lemak dalam perut orang tersebut sehingga dapat dibandingkan dengan lingkar perut rata-rata. Seseorang bisa saja terlalu kurus atau gemuk tetapi sehat dan ideal tetapi sakit sehingga lingkar perut tidak dapat dijadikan pedoman mengenai kesehatan seseorang.

            Cara mengukur lingkar perut sangat mudah. Alat yang diperlukan hanyalah pita meteran elastis. Langkah-langkahnya adalah :
  • Melingkarkan pita meteran dari pusar, mengelilingi sekeliling perut sampai ke pusar kembali. Diharapkan bernapas seperti normal.
  • Membaca skala pada meteran.



Pada perempuan, rata-rata lingkar pinggang normal adalah 80 cm, sampai batas normalnya 88 cm (4 jengkalnya sendiri). Pada pria, rata-rata lingkar pinggang normal adalah 90 cm, sampai batas normalnya 102 cm (5 jengkalnya sendiri). Jika melebihi angka tersebut, orang tersebut lebih beresiko terkena kardiovaskular, hipertensi, diabetes, dan penyakit lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar